Pisang Ijo
3 March 2016,
 0

Sumber gambar food.detik.com

Putri Bungsu Catering – Siomay, bakso, zuppa soup, sate, soto, pasti dapat mudah kita temui saat menghadiri resepsi pernikahan. Hampir di setiap resepsi pernikahan, pasti terdapat gubuk yang menyediakan menu menu tersebut. Bagaimana dengan hidangan dan jajanan tradisional?.

Setiap resepsi pernikahan yang pernah saya hadiri, jarang sekali saya menemui pesta resepsi yang menyediakan berbagai hidangan dan jajanan tradisional. Padahal hidangan dan jajanan tradisional tersebut harganya sangat terjangkau. Dan  tentu bagi keluarga dan sahabat yang bertempat tinggal di kota besar sangat merindukan hidangan tradisional tersebut.

 Apabila ingin mengadakan resepsi pernikahan, tidak ada salahnya menyediakan sebuah gubuk yang terdapat hidangan tradisional. Bagi para tamu yang malas untuk makan hidangan utama, tentu bisa mencicipi aneka hidangan tradisional tersebut. Selain dapat menghemat tentu kita juga membantu untuk melestarikan kuliner tersebut, berikut beberapa ide hidangan  tradisional yang bisa disajikan :

1.  Aneka Kue Tradisional

Sumber gambar harianmu.com

Mata Kebo, klepon, kue cucur, lemper, putu ayu, kue lumpur, hanyalah beberapa jajanan tradisional yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Jajanan tersebut sering kita jumpai di pasar ataupun pedagang kue jajanan tradisional. Harganya pun sangat terjangkau, mulai Rp 1.000 – Rp 5.000.

Nah, dengan warna yang menarik dan memikat, hidangan yang satu ini patut dicoba untuk disajikan di tengah tengah resepsi pernikahan. Tidak ada salahnya untuk menyediakan gubuk yang berisi aneka jajanan tradisional tersebut, bagi para tamu yang rindu jajanan tersebut pasti akan bernostalgia. FYI, ini merupakan ide saya untuk resepsi pernikahan saya di masa depan, hehehe.

2. Bubur Sumsum

Sumber gambar masteresep.com

Bubur Sumsum bubur khas Indonesia yang juga terdapat di Malaysia ini sudah tidak asing lagi pastinya. Bubur yang terbuat dari tepung beras dan disiram dengan gula merah ini terasa sangat lembut di mulut. Rasa gurih bubur dan manis gula merah membuat ingin terus memakannya.

Ketika saya menghadiri resepsi pernikahan seorang kawan, saya menjumpai bubur tersebut. Dan dari situ pula saya mendapatkan ide untuk menghidangkan bubur Sumsum ini di resepsi pernikahan saya kelak. Dengan cara pembuatannya yang mudah, pasti jasa catering resepsi pernikahanmu tidak akan menolak untuk menyajikannya.

3. Gudangan atau Urap

Sumber gambar dapursaja.blogspot.com

Sayuran yang dibumbui dengan kelapa muda parut ini juga pasti menjadi salah satu menu favorit bagi para vegetarian. Hidangan tradisional yang satu ini selain harganya terjangkau juga pasti mengandung banyak vitamin. Dan bagi para vegetarian yang manghadiri resepsi pernikahan, pasti akan tertuju ke menu yang satu ini.

Di beberapa resepsi pernikahan yang pernah saya hadiri, ada beberapa yang menyediakan gubuk khusus untuk gudangan atau urap ini. Tamu yang ingin mencicipi makanan ini pun tidak kalah dengan yang mengantri di gubuk bakso. Tentu saja, hidangan ini juga mamanjakan keluarga atau sahabat yang merupakan vegetarian, dan tidak salahnya apabila ingin menyajikan gudangan atau urap ini di pesta resepsi pernikahan.

4. Selat Solo

Sumber resepmasakan.biz

Selat Solo, hidangan tradional dari Solo ini memiliki tampilan seperti steak ala western food. Ya, karena hidangan yang satu ini memang perpaduan antara makanan timur dan barat. Makanan yang terdiri dari semur daging, sayuran dan telur ini memang menjadi makanan primadona bagi para pencinta kuliner yang berkunjung ke kota Solo.

Karena bahannya yang terdiri dari daging, harganya pun sedikit lebih mahal. Tetapi tidak ada salahnya untuk menyajikan hidangan yang satu ini di pesta resepsi pernikahan. Saya pernah menghadiri pesta resepsi pernikahan yang menyajikan hidangan tersebut, dan gubuk hidangan Selat Solo menjadi salah satu gubuk yang difavoritkan oleh para tamu undangan.

5. Pisang Ijo

Sumber gambar resepdanmasakan.com

Nah, Pisang Ijo hidangan tradisional dari Makassar ini tentu sudah tidak asing di telinga para pencinta kuliner. Dan hidangan tradisional yang satu ini pun sudah banyak yang menjualnya. Harganya pun berkisar mulai dari  Rp 7000. Hidangan tradisional ini pin cocok untuk menjadi salah satu menu di pesta resepsi pernikahan.

Penyajiannya pun akan lebih menyegarkan apabila ditambah dengan es batu. Penikmat Pisang Ijo ini pun banyak bahkan banyak dari mereka tidak  berasal dari Makassar Karena hal tersebut, hidangan tradisional yang ini bisa disajikan bagi para tamu di pesta resepsi pernikahan tentunya. Dan tentunya pasti banya tamu undangan yang ingin mencicipi.

6. Jamu Beras Kencur dan Kunyit Asem

Sumber gambar dwidirarahmawati.blogspot.com

Beras Kencur dan Kunyit Asam adalah minuman tradisional Jawa yang mempunyai banyak khasiat. Dua minuman tradisional yang terbuat dari kencur dan kunyit tersebut, memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dan rasanya pun menyegarkan apabila ditambah es batu dalam meminumnya.

Di beberapa resepsi pernikahan, sudah ada yang menyediakan minuman jamu tersebut. Dan hal ini bisa juga dicoba, selain menyediakan aneka softdrink dan teh, cobalah untuk menyediakan beras kencur dan kunyit asam dalam pesta resepsi pernikahan. Jangan lupa untuk menyediakan es batu juga dalam penyajiannya.

7. Es Dawet

Sumber gambar zonamakan.blogspot.com

Es Dawet atau sering juga disebut Es Cendol, sudah tidak asing lagi bagi para penikmat minuman tradisional. Dengan kuah santan dan gula merah ditambah es batu, tentu dapat menghilangkan dahaga. Harga dari segelas dawet yang murah dan terjangkau membuat minuman ini menjadi favorit. Minuman tradisional yang satu ini juga sering ditemukan di tengah tengah pesta resepsi pernikahan.

Disajikan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari tanah liat, membuat es dawet ini terlihat lebih menggoda. Dan di beberapa pesta resepsi pernikahan yang pernah saya hadiri, tamu undangan yang ingin mencicipi minuman yang satu ini tidak kalah dengan mereka yang ingin mencicipi ice cream. Jadi jangan ragu untuk memasukan menu minuman tradisional ini dalam list hidangan pesta resepsi nanti.

8. Bir Pletok

Sumber gambar rumahdesakoe.blogspot.com

Bir Pletok, yup di pernikahan adat Betawi pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Santai, tentu bir ini tidak memabukan karena minuman tradisional Betawi ini terbuat dari campuran rempah rempah. FYI, minuman yang satu ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Bir Pletok bisa menjadi salah satu minuman yang dihidangkan di pesta resepsi pernikahan nanti. Disajikan dengan es batu membuat minuman ini terasa lebih segar. Dan tentunya juga akan menjadi favorit bagi para tamu yang masih asing dengan minuman tradisional yang satu ini.

Nah, hidangan tersebut hanyalah saran bagi kamu yang ingin menyajikan hidangan berbeda pada saat pesta resepsi pernikahan. Dan tentu jika ingin menyajikan hidangan tersebut kamu perlu berkoordinasi dengan jasa Wedding Organizer atau jasa catering yang digunakan. Apabila mereka tidak menyanggupi, kamu bisa bekerja sama dengan  pedagang yang berjualan hidangan tersebut atau mungkin tetangga yang mempunyai usaha  hidangan tersebut.

Leave a Reply