Prewedding Outdoor
5 March 2016,
 0

Menikah merupakan impian seluruh pasangan di dunia. Ada pun yang menginginkan memiliki kenangan indah sebelum resmi menikah dengan mengabadikan kebersamaan mereka dengan berfoto. Dengan adanya foto pra-nikah atau prewedding tentu saja hal ini mampu memenuhi keinginan tersebut. Sehingga kenangan yang indah itu dapat di pamerkan saat hari pernikahan atau bahkan di undangan pernikahan.

Foto prewedding sendiri merupakan suatu tren yang kini seakan wajib dilakoni kebanyakan pasangan yang akan melakukan pernikahan. Foto prewedding sederhananya terbagi dalam dua macam. Yakni foto yang berada di luar ruangan atau outdoor dan foto yang berada dalam suatu ruangan/studio atau indoor.

Masih ragu memilih antara outdoor dan indoor? Kamu perlu memikirkan beberapa hal sebelum akhirnya memutuskan untuk foto prewedding outdoor atau indoor. Simak perbandingan kelebihan dan kekurangan foto prewedding indoor dan outdoor berikut!

1. Prewedding Indoor

Sumber gambar: thekwedding.blogspot.co.id

Memilih tema indoor merupakan langkah yang tepat bagi pasangan yang tidak ingin ribet. Foto prewedding indoor juga lebih aman ketimbang tema outdoor. Kamu tidak perlu ribet-ribet memikirkan cuaca.

Karena foto prewedding indoor, tentu saja kamu tidak akan terhalang dengan kendala cuaca. Lighting atau pencahayaan juga dapat di setting sesuai keinginan. Dan, kamu juga memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pengambilan gambar ini.

Jika kamu dan pasanganmu sama-sama sibuk, tidak bisa pergi ke studio foto pada siang hari. Kamu dan pasanganmu bisa pergi ke studio saat jam kerja kantormu selesai. Walaupun pengambilan gambar pada malam hari sekalipun, kamu tetap bisa menggunakan konsep siang harimu. Karena di studio pasti sudah tersedia perangkat-perangkat yang menunjang pencahayaan.

Keuntungan selanjutnya, kamu lebih hemat biaya. Kamu tidak harus melakukan survey sana sini yang mengakibatkan pengeluaranmu semakin banyak. Kamu hanya perlu datang ke studio kepercayaanmu dan pasanganmu sekali jalan saja.

Eits, jangan tenang dulu! Tema indoor juga memiliki tantangan tersendiri, lho! Kamu dan pasanganmu harus mengonsep dengan matang foto seperti apa yang kamu inginkan. Gunakan kekreatifanmu agar foto prewedding yang akan kamu lakukan sekali seumur hidup ini tidak terkesan monoton dan membosankan.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan sang fotografer, agar dapat memahami dari prespektifmu dan pasanganmu sebagai klien dan juga dari prespektif sang fotografer sehingga dapat tercapai kata deal. Sehingga kamu mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya.

Foto prewedding indoor juga membutuhkan banyak properti supaya dapat menunjang konsep yang telah kamu buat dan sepakati sebelumnya. Banyak lebihnya properti juga akan menambah budget yang bakal kamu keluarkan nantinya. Untuk masalah kostum, kamu tidak perlu khawatir berlebihan jika kostummu akan rusak. Karena foto di dalam studio tentunya akan lebih aman jika kamu memahami dan melakukan SOP (Standar Operasional) dengan benar.

Bagi kamu, yang ingin memiliki foto prewedding tapi tidak sempat atau tidak bisa membuat konsep. Tenang saja! Biasanya beberapa studio memiliki beberapa penawaran paket prewedding. Sehingga kamu hanya perlu memilih dan langsung melakasanakan photo session sesuai dengan paket yang kamu pilih tanpa perlu memikirkan konsep.

Namun melakukan foto prewedding di studio memiliki kekurangan lainnya. Yakni tempat terbatas. Memang, melakukan foto prewedding di dalam ruangan hanya dapat memanfaatkan sebagian ruang yang ada saja. Maka kemungkinan untuk mengeksplor ekspresi mu dan pasangan menjadi terbatas. Kamu hanya bisa mengekslor beberapa bagian ruangan yang terkena pencahayaan saja.

Sumber gambar: onethreeonefour.com

Jika kamu berfikir foto prewedding hanya dapat dilakukan di studio saja, kamu nampaknya kurang refrensi. Foto prewedding indoor, dapat dilakukan di dalam ruangan apa saja. Kamu bisa menggunakan cafe sebagai spot preweddingmu. Atau bahkan kamu juga bisa menggunakan museum bersejarah, tempat ini bisa menjadi saksi bisu kenangan indahmu bersama calon mempelai. Dan kamu bisa menggunakan beberapa tempat lainnya, yang menurutmu cocok dengan konsep foto preweddingmu. Keunikan foto tergantung tempat yang kamu pilih sebagai spot photo sessionmu, jadi, pintar-pintarlah mencari tempat yang unik!

2. Prewedding Outdoor

gambar: dalattrip.com

Jika kamu dan pasangan merupakan pecinta alam, foto prewedding outdoor merupakan jawaban yang tepat! Walaupun kamu akan menguras biaya sedikit lebih banyak daripada foto prewedding indoor, kamu tak akan menyesal nantinya. Bagaimana tidak, momen indahmu bersama si doi akan di abadikan di tengah-tengah tempat ciptaan tuhan yang maha artistik itu.

Kamu dan pasanganmu tak perlu takut kesusahan mencari tempat. Karena kamu memiliki banyak pilihan tempat di alam semesta ini. Mulai dari pantai, danau, jalanan dan bahkan pegunungan sekalipun.  Bagi sepasang kekasih pecinta alam, hujan badai pasti akan tetap di terjang demi mencapai tempat yang indah. Apalagi untuk urasan sakral seperti ini, badai pun juga pasti akan dihadapi bersama. Romantisnya!

Kekreatifitasanmu juga diuji disini. Dengan alam semesta, kamu memiliki berjuta konsep yang tak akan ada habisnya. Kamu dan pasanganmu dapat membuat sebuah konsep yang cocok dengan spot yang kamu pilih sebagai tempat photo session preweddingmu.

Kelebihan dari foto prewedding lainnya yaitu kamu bisa sekalian refreshing dengan pasanganmu. Bagaikan sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui, kamu bisa mendapatkan foto preweddingmu dan juga kamu bisa rekreasi di tempat dan waktu yang sama. Bukankah menyenangkan?

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil foto yang lebih natural dan unik. Selain berkesan dan tidak membosankan karena spot yang cantik, kamu beserta pasanganmu dan sang fotografer bisa mendapatkan pose-pose tak terduga. Hal ini dapat terjadi karena kamu dapat berekspresi dengan bebas, sehingga kamu juga memiliki banyak stock foto nantinya.

Sumber gambar: axioo.com

Dalam melakukan pengambilan gambar outdoor ternyata memiliki tantangan tersendiri. Tantangan pertama yang tak dapat dielak, yaitu cuaca. Menggunakan lighting alami memang bagus, dan dapat mengeksplor alam lebih dalam lagi. Namun jika sewaktu-waktu cuaca berubah, awan gelap mulai bermunculan disertai angin yang berhembus semakin kencang, maka bersiap-siaplah dengan kenyataan bahwa rencana foto prewedddingmu berantakan.

Apalagi jika hujan sudah mulai turun membasahi bumi. Siap-siap saja make up  yang kamu gunakan luntur. Bahkan jika kamu dan pasanganmu tidak hati-hati, kostum yang dikenakan bisa saja kotor dan bahkan rusak. Hal ini tentu menjadi momok bagi sang pengantin dan juga sang fotografer tentunya.

Tantangan kedua yang harus kamu jalani ialah perjalanan yang cukup susah. Nampaknya kamu harus susah payah terlebih dahulu untuk mencapai tempat yang indah dan unik. Kebanyakan tempat indah memiliki perjalanan yang agak payah. Untuk mencapai bukit atau bahakan tebing, kamu harus melewati jalanan yang cukup membuat adrenalinmu naik.

Namun jangan bersedih dulu, karena pecinta alam sepertimu dan pasanganmu pasti memiliki jiwa petualang yang besar. Perjalanan terjal dan payah pasti dapat dilewati bersama. Kamu juga bisa mendapatkan momen tak terlupakan saat prewedding ini. Semesta alam yang memiliki pemandangan indah akan menjadi saksi atas perjuangan cinta kasih mu dan pasanganmu. Duh, romantisnya!

Nah, bagaimana? Sudahkah kamu menentukan bagaimana preweddingmu nanti? Baik indoor ataupun outdoor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung seleramu dan pasanganmu, segera obrolkan dengan baik-baik agar momen preweddingmu nanti menjadi kenangan indah yang tak terlupakan!

Leave a Reply